Rechercher dans ce blog

Friday, May 12, 2023

PWNU Jatim Ajak Kelompok Pemuda Hijrah Susul Hanan Attaki Gabung NU - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) KH Abdussalam Shohib mengajak pengikut Ustaz Hanan Attaki yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Hijrah untuk ikut masuk bergabung dengan NU.

Hal itu disampaikan Kiai Salam usai Hanan Attaki mengikrarkan diri sebagai anggota NU di hadapan Ketua Umum PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif, Denanyar, Jombang itu, ajakan ini sama seperti mengulang pernyataan Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy'ari dulu.

"Ini seperti mengulang kembali ajakan yang telah dulu disampaikan Mbah Hasyim. Jadi imbauan atau ajakan untuk masuk ke NU ini sebenarnya sudah dilakukan oleh Mbah Hasyim," ucapnya.

Saat itu, kata dia, pendiri NU tersebut sudah mengajak seluruh masyarakat, untuk bergabung bersama dirinya dan melestarikan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama'ah.

"Mbah Hasyim sudah mengingatkan ayo semua Umat Islam yang perduli dengan agama ini dan eksistensi Ahlussunnah wal Jama'ah, dari kalangan manapun, kaya, miskin, petani pejabat semuanya ayo berbondong-bondong masuk ke NU," ucapnya.

"Dengan tujuan spesifik mempertahankan ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah sekaligus menjaga NKRI," pungkasnya.

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim) menyambut baik langkah Ustaz Hanan Attaki yang mengikrarkan diri menjadi bagian dari NU.

Sambut hangat

KH Abdussalam Shohib sebelumnya mengatakan ia turut senang dengan langkah Hanan Attaki.

"Kami merespons dengan baik dan gembira," kata Kiai Salam.

Menurut Kiai Salam, berbaiatnya Hanan Attaki ke NU ini tak lepas dari peran dan sosok Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar.

"Itu menunjukkan kapasitas Kiai Marzuqi yang mampu membuat orang lain, yang mungkin tidak seirama dengan NU agar mau berbaiat dengan NU," ucapnya.

Pasalnya, Hanan Attaki selama ini identik dan diduga pernah memiliki keterkaitan dengan organisasi terlarang yakni Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Tapi, kata dia, berkat peran Kiai Marzuqi, dugaan-dugaan itu sudah ditampik. Baiat ini, kata dia juga jadi semacam pertaubatan Hanan Attaki.

"Artinya dengan baiat ini menunjukkan dan menepis [dugaan] itu. Seperti makna taubat, orang itu dalam titik tertentu mengubah sesuatu yang awalnya tidak pas," ucapnya.

PWNU Jatim pun berharap, Hanan Attaki bisa seirama dengan cara gerakan dan dakwah sebagaimana yang dilakukan oleh NU selama ini.

Sebelumnya, Ustaz Hanan Attaki mengikrarkan diri sebagai anggota Nahdlatul Ulama (NU) di hadapan Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar.

Ikrar itu disampaikan dalam acara Halal Bihalal 1444 Hijriah Keluarga Besar Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Malang, Kamis (11/5) lalu.

(frd/ain)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


PWNU Jatim Ajak Kelompok Pemuda Hijrah Susul Hanan Attaki Gabung NU - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Daftar Fasilitas Negara yang Tak Boleh Digunakan Jokowi Jika Kampanye - Nasional Tempo

TEMPO.CO , Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan presiden boleh memihak dan melaksanakan kampanye dalam pemiliha...