Rechercher dans ce blog

Saturday, September 9, 2023

PDIP Segera Gelar Rapat Konsolidasi Koalisi Bahas Demokrat - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

PDI Perjuangan (PDIP) bakal menggelar rapat konsolidasi bersama partai koalisi pendukung Bacapres Ganjar Pranowo pada Rabu (13/9) mendatang.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut salah satu pokok pembahasan dalam rapat konsolidasi itu terkait wacana bergabungnya Partai Demokrat ke dalam koalisi.

Diketahui wacana ini mencuat usai Demokrat secara resmi mundur dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan serta mencabut dukungan untuk Anies Baswedan sebagai capres.

"Terkait dengan kerja sama mengusung Pak Ganjar, karena PDIP sudah bersama dengan PPP, Perindo, dan Hanura, tentu saja juga akan kami bahas secara bersama-sama tentang ketukan pintu yang dilakukan oleh Partai Demokrat," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (9/9).

"Dan Hari Rabu depan, pada tanggal 13 September akan dilakukan rapat konsolidasi," imbuhnya.

Hasto menjelaskan saat ini pihaknya bersama Partai Demokrat masih terus membangun komunikasi politik untuk menjajaki kemungkinan bergabung dalam koalisi yang sama.

Ia menegaskan partainya juga terbuka dan menyambut baik apabila nantinya Demokrat dapat benar bergabung dan mengusung Ganjar Pranowo. Terlebih sebelumnya juga telah dilakukan pertemuan antara Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Kan kita sudah bertemu, sekali lagi Mbak Puan, Mas AHY bisa bertemu di GBK itu kan merupakan hal yang sangat posisitf. Kemudian di antara kesekjenan juga sering komunikasi," jelasnya.

Wacana koalisi Demokrat dengan PDIP mencuat setelah mereka mencabut dukungan dari Anies Baswedan dan memilih hengkang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Teranyar, politikus PDIP Deddy Yevry Sitorus mengatakan pihaknya akan menjalin komunikasi secara intensif dengan Partai Demokrat mulai pekan depan. Keduanya siap membuka peluang untuk bekerja sama.

"Saya kira minggu depan akan ada pembicaraan yang intens gitu. Harapan kita begitu (pertemuan formal), Demokrat kan perlu juga proses recovery kan, mereka juga perlu berhitung segala macam. Kalau kita sih open saja," kata Deddy saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (8/9).

(tfq/fea)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


PDIP Segera Gelar Rapat Konsolidasi Koalisi Bahas Demokrat - CNN Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Daftar Fasilitas Negara yang Tak Boleh Digunakan Jokowi Jika Kampanye - Nasional Tempo

TEMPO.CO , Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan presiden boleh memihak dan melaksanakan kampanye dalam pemiliha...