Rechercher dans ce blog

Saturday, December 30, 2023

5 Wanti-wanti Jokowi ke KPU Sebab Pemilu 2024 Kian Dekat - detikNews

Jakarta -

KPU RI menggelar konsolidasi nasional bersama jajaran pengurus KPU daerah se-Indonesia. Acara tersebut sekaligus mempersiapkan pelaksanaan Pemilu 2024 secara serentak.

Acara ini dihadiri Menko Polhukam Mahfud Md, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua KPK sementara Nawawi Pomlango, dan pimpinan BPK. Konsolidasi nasional diikuti oleh seluruh pejabat KPU pusat, daerah kabupaten, dan kota.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut hadir dalam konsolidasi nasional yang digelar KPU. Dalam pidatonya ada sejumlah wanti-wanti yang disampaikan Jokowi kepada KPU dalam menghadapi Pemilu 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ingatkan 45 Hari Jelang Pencoblosan, Minta KPU Bersiap

Presiden Jokowi mengingatkan Pemilu 2024 semakin dekat. Jokowi meminta KPU dari tingkat provinsi dan daerah harus siap.

"Tidak ada kata yang lain, KPU dari pusat sampai daerah harus siap," ujar Jokowi mengawali sambutan di acara konsolidasi KPU, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

Jokowi mengingatkan Pemilu harus berlangsung jujur dan adil. Jokowi juga mengatakan Pemilu tinggal beberapa puluh hari lagi.

"Siap menjalankan pemilu yang jujur dan adil, yang dipercaya oleh rakyat. Dan pemilu 2024 tinggal 45 hari, waktunya sudah sangat dekat," ucap Jokowi.

Jokowi Akui Pemilu 2024 Kompleks

Jokowi bicara bahwa Pemilu 2024 sangat kompleks. Karena, kata dia, Pemilu 2024 serentak untuk presiden-wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

"Pemilu tahun 2024 ini sangat kompleks, in pemilu serentak Pilpres, DPR, DPD, DPRD provinsi, kabupaten dan kota," kata Jokowi saat memberi sambutan di acara konsolidasi nasional Pemilu 2024.

Jokowi menyebut Pemilu 2024 akan melibatkan 204 juta orang. Ratusan juta orang itu berada di 38 provinsi dan melibatkan 18 parpol nasional dan 6 partai lokal Aceh.

"Melibatkan angka terakhir yang saya terima 204.807.222 orang di 38 provinsi, 514 kabupaten dan kota, 7.277 kecamatan, 83.771 desa, melibatkan 18 parpol nasional dan 6 partai lokal Aceh," ucapnya.

Karena itu lah, Jokowi menegaskan Pemilu 2024 akan sangat kompleks. Dia pun mengingatkan agar ini dijalankan sebaik-baiknya.

"Kita bisa bayangkan betapa sangat kompleks pemilu kita ini, sangat kompleks sekali, dan semua ini adalah perintah UU, harus dijalankan sebaik-baiknya, sehingga kita harus pastikan tata kelolanya baik, kesiapan petugas juga harus baik, ketersediaan logistik juga harus baik, distribusi logistiknya juga harus baik, dan kesiapan sistem dan teknologinya juga harus baik. Jangan sampai ada yang tercecer satupun, semuanya harus baik. Tidak boleh ada yang salah termasuk," ujar dia.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

Saksikan Video 'Jokowi: Pemilu Tinggal 45 Hari, KPU Pusat Sampai Daerah Harus Siap':

[Gambas:Video 20detik]

Pantau Pemilu

Cek rekam jejak, visi misi, profil, hingga berita terkini pasangan Capres dan Cawapres favoritmu di Pemilu 2024 sekarang!

Adblock test (Why?)


5 Wanti-wanti Jokowi ke KPU Sebab Pemilu 2024 Kian Dekat - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Daftar Fasilitas Negara yang Tak Boleh Digunakan Jokowi Jika Kampanye - Nasional Tempo

TEMPO.CO , Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan presiden boleh memihak dan melaksanakan kampanye dalam pemiliha...