Rechercher dans ce blog

Saturday, April 22, 2023

Awas Neraka Macet di Tol! Besok Diprediksi Puncak Arus Balik - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kapan puncak arus balik terjadi? Pemerintah sudah memprediksi akan terjadi besok Senin dan hari Selasa atau tanggal 24 dan 25 April 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewanti-wanti pemudik untuk melakukan perjalanan balik sebelum atau sesudah Senin 24 April dan Selasa 25 April 2023 untuk menghindari kemacetan di tol.

"Sebaiknya lakukan perjalanan mudik sebelumnya atau sesudahnya, yaitu di tanggal 26 sampai dengan 29 April 2023. Karena di tanggal 30 April dan 1 Mei diprediksi akan ada puncak arus balik kedua," ungkap Budi Karya dalam keterangannya seperti dikutip, Minggu (23/4/2023).

Dia mengungkapkan telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk menggencarkan sosialisasi anjuran untuk perjalanan balik pada arus balik. Ini dilakukan untuk memecah kepadatan saat puncak arus balik.

"Di Jawa Tengah, saya minta kepada Pemda Jateng, Polda Ditlantas Jateng untuk mengumumkan informasi ini secara masif menggunakan berbagai kanal media. Saya juga minta tolong rekan-rekan media mengumumkan ini karena akan berpotensi terjadi kemacetan panjang jika kita tidak informasikan," tuturnya.

Untuk memecah kepadatan di hari puncak arus balik, Budi Karya mengatakan telah melakukan koordinasi dengan para pengelola jalan tol dan juga operator transportasi baik di udara maupun kereta api untuk memberikan diskon tarif di tanggal-tanggal tertentu setelah hari puncak.

Kepadatan di jalan Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). (Anadolu Agency via Getty Images)Foto: (Anadolu Agency via Getty Images)
Kepadatan di jalan Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). (Anadolu Agency via Getty Images)

Sampai saat ini baru PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang memberikan diskon tarif Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sebesar 20% saat arus balik Lebaran. Diskon tarif tol 20% di Tol Jakarta-Cikampek diberikan di dua Gerbang Tol Trans Jawa, yakni Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama. Diskon tarif tol berlaku pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

"Jasa Marga akan memberikan diskon tarif tol 20% tanggal 27-29 April di beberapa ruas tertentu, Saya dengar Badan Usaha Jalan Tol lainnya juga akan berikan diskon. Terkait usulan ini saya akan laporkan ke Presiden untuk mendapatkan keputusan final," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menambahkan ada potensi terjadi penumpukan kendaraan pada Hari Selasa (25/4). Saat itu diperkirakan angkanya mencapai 203 ribu kendaraan, padahal kemampuan jalan tol hanya bisa mengakomodasi 175 ribu kendaraan saja.

Dia pun mengimbau kepada para pemudik yang tidak terburu-buru untuk melaksanakan tugas atau beraktivitas kembali di ibu kota agar memperpanjang masa mudik di kampung halaman.

"Para pemudik bisa lebih memperpanjang masa mudiknya. Jadi kalau tidak ada kepentingan yang harus segera dilakukan di Jakarta, mungkin bisa lebih lama dulu di kampung halaman, sambil rekreasi dan belanja oleh-oleh untuk dibawa ke Jakarta," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Asyik! Awal Juni 2023 Masuk Tol Sudah Tak Lagi Buka Kaca


(wur)

Adblock test (Why?)


Awas Neraka Macet di Tol! Besok Diprediksi Puncak Arus Balik - CNBC Indonesia
Read More

No comments:

Post a Comment

Daftar Fasilitas Negara yang Tak Boleh Digunakan Jokowi Jika Kampanye - Nasional Tempo

TEMPO.CO , Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan presiden boleh memihak dan melaksanakan kampanye dalam pemiliha...