Rechercher dans ce blog

Friday, August 25, 2023

Kedua Ibu Bayi Tertukar di Bogor Berpelukan Usai Hasil Tes DNA Diumumkan - detikNews

Jakarta -

Momen haru terjadi usai pengumuman hasil tes DNA dua keluarga yang bayinya tertukar di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kedua Ibu bayi tersebut berpelukan.

Pantauan detikcom di Mako Polres Bogor, Jumat (25/8/2023), mereka berpelukan sambil menitihkan air mata. Tidak terucap sepatah katapun saat mereka berpelukan.

Momen tersebut disaksikan oleh keluarga besar masing-masing. Mereka juga menunjukkan map berisi kertas kesepakatan bersama di antara keduanya.

Sebelumnya, dua bayi di Bogor dipastikan benar-benar tertukar. Selanjutnya, proses pengembalian anak ke orang tua biologisnya akan dijalankan lewat proses satu bulan.

"Langkah-langkah penyesuaian pengembalian anak dari ibu S ke ibu D, dari ibu D ke ibu S, melalui tahapan yang disepakati," kata Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Nahar, di Bogor.

Tahapan pertama akan dijalankan dalam satu pekan. Pada tahapan pertama, pihak Kementerian PPPA akan melakukan asesmen ke tiap anak dan keluarga. Selanjutnya, anak-anak yang tertukar ini akan dikeluarkan dengan keluarga baru yang notabene adalah keluarga biologisnya.

"Tahapan kedua, penyesuaian anak nanti akan mulai dikenalkan dengan lingkungan yang nanti anak ini tumbuh berkembang di masing-masing keluarga orang tua kandungnya," kata Nahar.

Selanjutnya, asesmen ulang akan dilakukan. Proses akan terus berjalan sampai pekan keempat. Barulah penyerahan anak dilakukan.

"Plus dua hari akan dilakukan penyerahan. Penyerahan masing-masing anak ke orang tua biologisnya," ucapnya.

(rdh/isa)

Adblock test (Why?)


Kedua Ibu Bayi Tertukar di Bogor Berpelukan Usai Hasil Tes DNA Diumumkan - detikNews
Read More

No comments:

Post a Comment

Daftar Fasilitas Negara yang Tak Boleh Digunakan Jokowi Jika Kampanye - Nasional Tempo

TEMPO.CO , Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan presiden boleh memihak dan melaksanakan kampanye dalam pemiliha...