Rechercher dans ce blog

Friday, September 1, 2023

Profil Nana Sudjana yang Ditunjuk Jokowi Gantikan Ganjar Pranowo - Nasional Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Nana Sudjana sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah. Posisi baru Nana ini menggantikan Ganjar Pranowo yang bakal memasuki masa pensiun pada 5 September 2023 mendatang.

Penunjukan Nana oleh Jokowi itu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat, 1 September 2023.

Sinyal mengenai keputusan Pj Gubernur sebelumnya juga sudah disampaikan Jokowi pada Rabu, 30 Agustus 2023 lalu. Saat itu Jokowi menyebut bakal menentukan nama Pj Gubernur, termasuk Pj Gubernur Jateng, pada pekan ini.

"Nanti lewat mekanisme TPA, paling lambat minggu ini mungkin sudah masuk ke meja saya. Kalau ditanya siapa belum tahu saya," kata Jokowi di SMKN Jateng, Jalan Brotojoyo, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 30 Agustus 2023.

Keputusan nama-nama pj gubernur, kata Ngabalin, diambil dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA) untuk menggantikan para gubernur yang habis masa jabatannya.

"Para pj gubernur akan dilantik dalam waktu dekat oleh menteri dalam negeri atas nama presiden," ujar Ngabalin.

Ngabalin turut menyampaikan pesan kepada para pj gubernur itu agar betul-betul bisa bekerja dalam waktu yang ada dan menyiapkan tahapan Pemilu serentak dengan baik di masing-masing provinsi

Lantas, siapa sebenarnya Nana Sudjana yang ditunjuk Jokowi sebagai pengganti Ganjar Pranowo? Berikut profilnya.

Profil Nana Sudjana

Berdasarkan catatan Tempo, Nana Sudjana merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988. Lulus dari Akpol, pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat, 26 Maret 1965 itu ditugaskan di Polresta Yogyakarta selama beberapa tahun.

Tahun 2001, dia dipindahtugaskan ke Polres Metro Jakarta Barat. Setelahnya, Nana sempat menjadi Kapolres Probolinggo (2006), Wakapolwiltabes Surabaya (2008), Analis Utama Tk III Badan Intelijen dan Keamanan atau Baintelkam Polri, lalu Kapolresta Surakarta (2010).

Saat Nana menjabat sebagai Kapolrestabes Surakarta, Joko Widodo atau Jokowi yang kini menjadi Presiden RI masih duduk sebagai Wali Kota Solo.

Selanjutnya: Nana juga sempat menjabat sebagai…

Scroll Untuk Melanjutkan

Adblock test (Why?)


Profil Nana Sudjana yang Ditunjuk Jokowi Gantikan Ganjar Pranowo - Nasional Tempo
Read More

No comments:

Post a Comment

Daftar Fasilitas Negara yang Tak Boleh Digunakan Jokowi Jika Kampanye - Nasional Tempo

TEMPO.CO , Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan presiden boleh memihak dan melaksanakan kampanye dalam pemiliha...