Rechercher dans ce blog

Tuesday, October 17, 2023

Kronologi Kecelakaan KA Argo Semeru vs Argo Wilis - detikFinance

Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) menyampaikan kronologi anjloknya KA 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir dan KA 6 Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng. Kejadian itu berlangsung di KM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates pada Selasa (17/10) pukul 13.15.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji menyampaikan permohonan maaf atas insiden kecelakaan tersebut. Saat ini kedua jalur rel antara Wates-Sentolo untuk sementara waktu tidak dapat dilalui.

"KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut," kata Raden Agus dalam keterangan tertulis, Selasa (17/10/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selanjutnya, KAI akan melakukan upaya evakuasi dua rangkaian kereta api dan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. Bagi perjalanan kereta yang akan melintas di wilayah Wates-Sentolo, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan oper stapend.

"Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan selanjutnya," tuturnya.

Menurut informasi dari penumpang dan petugas KAI, kecelakaan bermula saat kereta Argo Semeru dari Surabaya ke Jakarta tiba-tiba tergelincir dari rel. Sementara itu dari arah Bandung-Surabaya melaju kereta Argo Wilis, sehingga menabrak gerbong Argo Semeru.

"Argo Semeru dari Surabaya arah Jakarta tergelincir. Kemudian yang Argo Wilis dari Bandung ke Surabaya menabrak ekor Argo Semeru," ucap personil Damkar Kulon Progo, Nevo saat ditemui di lokasi, dikutip dari detikJogja.

Penumpang KA Argo Semeru akhirnya dievakuasi menggunakan kereta Bandara YIA. Para penumpang ini nantinya akan dibawa menuju Stasiun Wates untuk selanjutnya diberangkatkan ke Jakarta menggunakan kereta lain.

"Ini nanti mau dibawa ke Stasiun Wates, terus rencananya dioper ke kereta lain untuk ke Jakarta," ujar salah satu penumpang KA Argo Semeru saat ditemui di lokasi.

Penumpang KA Argo Semeru menjadi prioritas evakuasi karena KA Argo Semeru yang mereka tumpangi rusak alias ke luar jalur dan ringsek. Sedangkan untuk kondisi KA Argo Wilis berdasarkan pengamatan detikJogja tidak mengalami kerusakan.

(aid/ara)

Adblock test (Why?)


Kronologi Kecelakaan KA Argo Semeru vs Argo Wilis - detikFinance
Read More

No comments:

Post a Comment

Daftar Fasilitas Negara yang Tak Boleh Digunakan Jokowi Jika Kampanye - Nasional Tempo

TEMPO.CO , Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan presiden boleh memihak dan melaksanakan kampanye dalam pemiliha...