Rechercher dans ce blog

Friday, November 24, 2023

Terungkap Alasan Gibran Tak Datang ke Muhammadiyah, Sampai Prabowo Minta Maaf - Nasional Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka batal hadir dalam acara Dialog Publik PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jumat, 24 November 2023. Tapi pada saat yang sama, Wali Kota Solo itu justru menghadiri acara PP Persatuan Guru Nahdlatul Ulama atau NU di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, Jawa Timur.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti pun menyayangkan ketidakhadiran Gibran dalam dialog publik tersebut. Meski begitu, Prabowo tetap menghadiri acara tersebut. “Dialog hanya akan dihadiri oleh Pak Prabowo. Sangat disayangkan,” kata Mu’ti.

Alasan Gibran Tak Datang Ke Muhammadiyah

Sehari sebelum acara dimulai, Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran Nusron Wahid telah menyampaikan informasi soal batalnya Gibran untuk hadir dalam dialog publik kepada Mu’ti. Nusron mengungkap alasan Gibran tak datang ke Dialog Publik PP Muhammadiyah karena harus datang ke acara NU.

Nusron Wahid mengatakan, baik acara Muhammadiyah maupun NU keduanya sama-sama penting. Oleh karenanya, pasangan tersebut berbagi tugas untuk menghadiri dua acara penting berbeda secara bersamaan. "Prabowo dan Gibran berbagi tugas,” kata dia, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 24 November 2023.

NU dan Muhammadiyah, menurut Nusron, merupakan komponen penting dalam lanskap Islam rahmatan lil alamin di Indonesia. "Sehingga tidak mungkin dinafikan satu sama lain,” ucap politikus Partai Golkar itu.

Menanggapi absennya Gibran dalam dialog publik dan memilih untuk menghadiri acara PP Persatuan Guru NU, Mu’ti mengatakan itu merupakan urusan yang bersangkutan. "Itu urusan Mas Gibran," kata Mu'ti saat dihubungi melalui WhatsApp, Jumat, 24 November 2023.

Prabowo Minta Maaf

Hal senada juga diungkap oleh calon presiden Prabowo Subianto. Ia mengatakan putra sulung Presiden Joko Widodo itu berhalangan hadir di acara Muhammadiyah karena harus menghadiri acara Nahdlatul Ulama atau NU di Mojokerto.

"Justru ada acara lain yang bersamaan waktunya di Jawa Timur juga, tapi yang menyelenggarakan adalah Nahdlatul Ulama," ujarnya dalam Dialog Publik PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jumat, 24 November 2023.

Prabowo pun meminta maaf karena Gibran tidak bisa menghadiri acara dialog publik itu. "Hari ini saya minta maaf Saudara Gibran Rakabuming Raka tidak bisa hadir," ucapnya dalam acara itu, seperti dipantau melalui YouTube PP Muhammadiyah.

Scroll Untuk Melanjutkan

Padahal, kata dia, Gibran Rakabuming Raka bersedia untuk diajak dialog setiap saat. "Setiap saat saudara-saudara ingin dialog, saya kira Mas Gibran pasti mau berjumpa dengan saudara-saudara sekalian," ujarnya.

Ketidakhadiran Gibran dalam acara acara Dialog Publik PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surabaya memunculkan Tagar PrabowoGibranTakutDebat. Tagar tersebut bahkan menjadi trending topic di media sosial X (dulu Twitter) pada Kamis, 23 November 2023.

Banyak warganet yang kecewa terhadap absennya Gibran di acara tersebut. Tak sedikit warganet menilai bahwa tidak hadirnya Gibran dalam uji publik itu menandakan bahwa Wali Kota Solo tersebut takut untuk berdebat dan mempresentasikan gagasannya. Hal itu pun membuat Tagar PrabowoGibranTakutDebat menggema di X hingga menjadi topik hangat yang ramai dibicarakan. 

Sebelumnya, Mu'ti telah memastikan Prabowo-Gibran hadir dalam uji publik PP Muhammadiyah. Namun, Gibran akhirnya batal hadir di acara itu. "Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Jumat 24 November pukul 09.00-11.00 di Universitas Muhammadiyah Surabaya," tulis Mu'ti melalui akun X @Abe_Mukti, Jumat, 17 November 2023.

PP Muhammadiyah menggelar dialog publik itu di tiga kampus milik mereka. Ketiganya adalah Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dialog Publik dengan pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar telah berlangsung Rabu, 22 November 2023 di Surakarta. Sementara dialog publik dengan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md telah berlangsung Kamis, 23 November 2023 di Jakarta.

RIZKI DEWI AYU | HAN REVANDA PUTRA

Pilihan Editor: Prabowo Tolak Disetop saat Pidato: Saya Enggak Korupsi Uang, Saya Korupsi Waktu Sedikit

Adblock test (Why?)


Terungkap Alasan Gibran Tak Datang ke Muhammadiyah, Sampai Prabowo Minta Maaf - Nasional Tempo
Read More

No comments:

Post a Comment

Daftar Fasilitas Negara yang Tak Boleh Digunakan Jokowi Jika Kampanye - Nasional Tempo

TEMPO.CO , Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan presiden boleh memihak dan melaksanakan kampanye dalam pemiliha...