Rechercher dans ce blog

Tuesday, January 2, 2024

Jenazah Rizal Ramli Telah Tiba dari RSCM, Ini Rencana Pemakamannya - Nasional Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Suara sirine ambulans sayup-sayup terdengar dari kejauhan. Para pelayat yang telah berkumpul pun siap menyambut dan mengangkat jenazah Menteri Koordinator Maritim periode 2015-2016, Rizal Ramli.

Ambulans tiba di kediaman Rizal Ramli di Jalan Bangka IX Nomor 49R, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM, Jakarta Pusat, pada Rabu, 3 Januari 2024, pukul 00.50 WIB. Sebelumnya, sosok yang juga dikenal sebagai oposisi dari periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi ini dinyatakan meninggal pukul 19.30 WIB, Selasa. 

Lantunan “la ilaha 'illa allah” mengiri jenazah ekonom kelahiran Padang, Sumatera Barat, itu saat dikeluarkan dari ambulans dan diangkat menuju rumahnya. Sesekali suara isak tangis pun terdengar.

Mengikuti jenazah, para pelayat satu persatu memasuki rumah Rizal Ramli. Hingga pukul 01.28 WIB, pelataran rumah duka itu mulai sepi dan tersisa sebagian jumlah hanya awak media.

Tim Komunikasi sekaligus mewakili keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang alias Yos Nggarang, mengatakan Rizal Ramli sudah dirawat kurang lebih selama satu bulan sebelum meninggal pada Selasa malam. Dia juga mengungkap rencana pemakaman di TPU Jeruk Purut pada Kamis nanti. 

Yos menyebutkan pemakaman menunggu kedatangan anak Rizal Ramli dari Amerika Serikat. “Putri terakhir yang di Amerika, beliau baru dari Indonesia kemarin tanggal 28 Desembar balik ke Amerika. Saat ini sedang proses kembali ke sini. Sudah berangkat dari Amerika,” kata dia.

Scroll Untuk Melanjutkan

Perihal sakit yang dialami Rizal Ramli, Yos tak mengatakan secara jelas selain menyebutkan yang bersangkutan pernah menjalani operasi. Menurutnya, Rizal Ramli memutuskan merawat diri di RSCM sekaligus istirahat agar bisa dekat dengan keluarga. 

“Memang beliau pernah sakit dan dioperasi, namun karena latar belakangnya ekonomi dan orang pergerakan jadi beliau tak terlalu peduli pada fisik dan biologi, sehingga pada sakitnya itu tak terlalu peduli,” ujarnya.

Sebelumnya, politikus PDIP Hendrawan Supratikno mengaku menyesal tak mengetahui saat Rizal Ramli sakit. “Kami teman-teman dekatnya curiga (sakit) tapi Rizal Ramli pandai menyimpan rahasia,” katanya di rumah duka. 

Pilihan Editor: Viral Mobil Tabrak hingga Tumbangkan Tiang dan Pohon di Marakash Square Bekasi

Adblock test (Why?)


Jenazah Rizal Ramli Telah Tiba dari RSCM, Ini Rencana Pemakamannya - Nasional Tempo
Read More

No comments:

Post a Comment

Daftar Fasilitas Negara yang Tak Boleh Digunakan Jokowi Jika Kampanye - Nasional Tempo

TEMPO.CO , Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan presiden boleh memihak dan melaksanakan kampanye dalam pemiliha...